flatnews

Akreditasi KADALUARSA Lembaga dan Akademik masih TIDUR

Gelegar, 20 Desember. Kepedulian mahasiswa terhadap pentingnya akreditasi saat ini hanya sebatas isapan jempol semata, dari hasil pembicara...

Gelegar, 20 Desember. Kepedulian mahasiswa terhadap pentingnya akreditasi saat ini hanya sebatas isapan jempol semata, dari hasil pembicaraan Pers dan beberapa mahasiswa dan “pejabat” lembaga ada beberapa hal yang saat ini belum memberikan jawaban akan baiknya akreditasi jurusan.

Beberapa dampak nyata yang terjadi adalah hilangnya kebebasan mahasiswa yang lulus dengan membawa predikat akreditasi C dalam mendapatkan kesempatan berkarir didunia luar. Termasuk salah satu jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer UPI “YPTK” yang akreditasinya telah dinyatakan kadaluarsa pada tanggal 19 desember 2013 lalu dengan predikat “C”.

“Manfaat akreditas kampus sih saya kurang tau dan langkah - langkah dalam mencapai akreditasi tidak jelas karena tidak ada informasi yang dapat dijadikan sebagai acuan, dan kami telah rapat sebanyak 4 kali dalam 2 minggu ini tapi belum memberikan solusi juga” ungkap salah seorang mahasiswa angkatan 2012 yang aktiv di HMJ - SI yang berinisial “AB”.

“ Saya sudah mengatakan hal ini kepada Sekretaris Jurusan Sistem Informasi yang saat ini di jabat oleh “ Pak Eko” tapi beliau mengatakan bahwa Ia tidak memiliki wewenang, dan saya berkali – kali menghubungi “Ibu Sri Rahmawati “ selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi, namun beliau akhir – akhir ini tidak ada di tempat dan susah di temui, serta nomor telpon nya tidak aktiv lagi. Saat ini kami berupaya untuk mensosialisasikannya ke lokal – lokal agar mahasiswa sadar tentang pentingnya akreditasi kampus dan juga meminta mahasiswa untuk aktiv dalam kegiatan kemahasiswaan serta pengembangan ilmu pengetahuan. Namun beberapa dilema juga terjadi ketika berbagai kegiatan yang kami lakukan jarang mendapat dukungan dari kampus, ya sebatas mahasiswa kami masih membutuhkan bimbingan dan bantuan sarana dan prasarana dalam menunjang setiap kegiatan HMJ, dan ini termasuk faktor yang sangat penting dalam mengembangkan minat keprofesian juga berperan dalam mendukung baiknya akreditasi kampus dan jurusan. Walaupun tidaka ada langkah nyata, namun Bem Filkom Upi Yptk masih mendukung upaya yang HMJ lakukan saat ini”. Ujar Deni Safitri sebagai Bupati HMJ- SI.

Kesedihan bupati Hmj SI Upi Yptk juga tampak jelas saat mengungkapakan bahwa pemerintah dan akademik seakan – akan tidak peduli dengan akreditasi SI yang saat ini sudah kadaluarsa, perseteruan yang terjadi di birokrasi pemerintah dan institusi pendidikan tinggi tidak memberikan jawaban bagi mahasiswa yang saat ini menjadi korban, Bupati juga berharap agar mahasiswa peduli terhadap jurusan dengan memberikan kontribusi positif serta mau bersama – sama membentuk sumber daya manusia yang mampu mencerdaskan bangsa.


Wartawan : Arie

Artikel Terkait :

Seputar Kampus 4359066623128175569

Posting Komentar Disqus Comments

item