flatnews

Momen Tahun Baru, Mercon Dijual Secara Sembunyi-sembunyi

Menjelang tahun baru, banyak masyarakat kota Padang yang mencari penghasilan tambahan dengan berprofesi sebagai penjual musiman. Adapun pe...

Menjelang tahun baru, banyak masyarakat kota Padang yang mencari penghasilan tambahan dengan berprofesi sebagai penjual musiman. Adapun pernak pernik yang dijual diantaranya terompet, bando lampu, kembang api maupun mercon. Mercon menjadi salah satu pernak pernik yang dicari oleh masyarakat, meskipun penjualanannya masih ilegal.

"Permintaan mercon lebih tinggi dibandingkan kembang api. Penjualanannya masih bersifat sembunyi-sembunyi, karena memang dilarang. Akan tetapi jika kita menggunakannya dengan baik, menurut saya tidak ada masalah," ujar salah seorang penjual mercon musiman di Pasar Raya Padang yang enggan disebutkan namanya saat diwawancarai Padang today, selasa(31/12).

Mercon yang dijual memang tidak dipajang di lapak jualan. Terkadang disisipkan dibalik kotak kembang api untuk menanggulangi penyitaan oleh oknum polisi disaat razia. Ia pun tidak menjual kesemua pembeli. Menurut pengakuannya, adapun mereka yang membeli, si penjual setidaknya tahu agar mercon tidak disalahgunakan. Pembelinyapun kebanyakan adalah orang dewasa, bukan anak anak.

"Banyaknya korban yang disebabkan mercon sebenarnya bukan karena merconnya, tetapi karena penggunaannya yang tidak tepat. Jika penggunaannya tepat, tidak akan membuat kerugian bagi si pengguna. Sebenarnya sebuah kebebasan kalau mau menjual mercon, apalagi dilihat dari keuntungannya yang lebih besar. Kenapa tidak dijual saja?," ujarnya sembari menutup obrolan.

Wartawan : Roki

Read More : http://padangtoday.com/today/detail/52510

Artikel Terkait :

Luar Kampus 1586103204786038816

Posting Komentar Disqus Comments

item