flatnews

Tips Buat Yang Bikin Skripsi

Kebanyakan mahasiswa relative cepat memenuhi beban SKS mata kuliah. Berdasarkan pengalaman di beberapa Perguruan Tinggi, rata-rata mahasisw...

Kebanyakan mahasiswa relative cepat memenuhi beban SKS mata kuliah. Berdasarkan pengalaman di beberapa Perguruan Tinggi, rata-rata mahasiswa cukup 6 semester menyelesaikan beban SKS(dengan catatan tidak ada mata kuliah yang diulang). Dengan demikian, semester 7 sudah bias memulai mengerjakan tugas akhir sehingga (seharusnya) satu semester kemudain tugas akhir dapat diselesaikan. Namun kendalan besar justru pada saat mengerjakan tugas akhir. Dan sepertinya masalah tugas akhir ini cukup menghambat kelulusan mahasiswa.

Masalah Penentuan Topik : Kesulitan menentukan ide untuk Tugas Akhir
Kendala pertama yang dihadapi ketika akan menyusun tugas akhir adalah menetukan ide. Ide untuk tugas akhir tidak harus merupakn hal-hal yang baru, yang penting ide tersebut bersifat ilmiah dan tidak menjiplak (original). Kendala lain yang berkaitan dengan penentuan topic adalah terlalu sulitnya ide/topic yang telah dipilih, sehingga mentok ditengah jalan dan dengan terpaksa “mengharuskan” kita mengganti topic. Hal ini tentu saja akan memperlambat proses penyelesaian tugas akhir kita karena dengan mengganti topic otomatis kita mengulang dari awal apa yang telah kita kerjakan.
Tips : 

  1. Brainstorming : jurnal, permasalahan yang timbul di dunia nyata atau bias juga dari fenomena alam yang terjadi.
  2. Sebisa mungkin pilih topic yang “diminati” oleh dosen pembimbingan
  3. Ikut penelitian dosen.


Masalah Managemen Waktu : Waktu penyelesaian lebih dari 6 bulan
Masalah managemen waktu sepertinya menjadi kendala terbesar dalam penyelesaian tugas akhir. Target waktu mengerjakan tugas akhir yang semula harus selesai dalam kurang dari 6 bulan terpaksa harus molor jika tidak bias mengatur waktu dengan baik.
Tips :

  1.  Buatlah jadwal/rencana kerja yang harus dilakukan selama proses pengerjaan tugas akhir
  2. Ikuti dengan ketat setiap waktu atau jadwal yang telah disusun
  3. Lakukan evaluasi setiap rencana kerja yang telah dilakukan secara regular (misalnya tiap minggu)
  4. Hindari ganti topik ditengah jalan, hal ini berkaitan dengan permasalahan dalam menentukan topik tugas akhir
  5. Buat jadwal rutin pertemuan dengan pembimbing
  6. Fokus pada tugas akhir yang dikerjakan. Sebisa mungkin kurangi kegiatan/ masalah /hal-hal lain yang tidak berkaitan dengan tugas akhir karena hal itu bsa mengganggu kosntrasi terhadap apa yang sedang dikerjakan.

Masalah Dokumen : Kehilangan file-file, draf, referensi dan dokumen penting lainnya yang berkaitan dengan tugas akhir.
Masalah lain yang sering terjadi adalh hilangnya data-data penting yang sangat dibutuhkan. Terkadang kita kurang begitu peduli menyimpan data-data yang telah terpakai, namun ada kalanya kita membutuhkan kembali data-data itu.
Tips :

  1. Segera tuliskan ide/ gagasan yang berhubungan dengan topic yang sempat terlintas dipikiran
  2. Kumpulkan semua bahan, baik itu berupa buku, jurnal atau referensi lainnya dalam satu tempat untuk memudahkan kita mencarinya ketika diperlukan.
  3. Beri nama file tanggal revisi terakhir untuk memudahkan proses pengembalian jika tiba-tiba file kita hilang
  4. Back-Up data-data/ fle-file yang berhubungan dengan tugas akhir kita menghindari kemungkinan ada trouble dengan PC kita yang memungkinkan hilannya semua data. Bias dengan di burning ke CD ataupun DVD atau numpang simpan dikomputer teman kost
  5. Simpan semua hasil koreksi dari dosen pembimbing untuk menghindari ketidakkonsistenan pengkoreksian
Wartawan : Roki

Artikel Terkait :

Opini 7383683565234921450

Posting Komentar Disqus Comments

item