flatnews

Hutan Bukit Batu Hapa Terbakar

Warga Sedang Mencoba Memadamkan Api Musim panas yang terjadi kota padang menyebabkan kebakaran lahan perbukitan di sekitar teluk ba...


Warga Sedang Mencoba Memadamkan Api

Musim panas yang terjadi kota padang menyebabkan kebakaran lahan perbukitan di sekitar teluk bayur, tepatnya di Bukit Batu Hapa, Pampangan, Lubuk Begalung. Kebakaran diakibatkan karena warga yang membakar lahan untuk keperluan tanah kuburan keluarga dan rencana membuka lahan yang telah ditidur selama 45 tahun.
“Awalnya saya berniat membuka lagi lahan tidur ini untuk tanah pekuburan dan lahan untuk ditanami tetapi diluar dugaan saat beberapa pemuda yang saya ajak bekerja membakar dedaunan karena angina kencang maka menjalar dan melaus. Saya telah berusaha memadamkan dengan peralatan seadanya” terang Jon(50), warga Pampangan yang membakar lahan saat ditemui Pers Gelegar, Minggu(16/2) saat berusaha memadamkan api.
Pantauan Pers Gelegar api telah membakar lahan seluas satu hektar persegi. Dibantu oleh warga Pers Gelegar berhasil ketempat kejadian perkara(TKP), terlihat api membesar membakar lahan yang kering dan diperparah dengan kencangnya hembusan angin yang bertiup. Lahan yang terbakar membentang dari bawah dekat pemukiman warga yang akan dibuka tempat pekuburan hinggu pencak bukit Batu Hapa.
“Pertama kali melihat ada api saya berinisiatif memadamkannya dibantu oleh bapak Iyon dan warga lainnya. Saya berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, dengan daun kayu dan ranting. Saat ini luas lahan terbakar telah mencapai satu hektar persegi. Area yang terbakar diperbukitan dan angin kencang menyulitkan pemadamannya” tutur Eri(40), yang berprofesi sebagai supir truk tongkang, warga Pampangan yang berusaha memadamkan api.
RW setempat telah menginstruksikan warganya untuk membantu proses pemadaman api. Sampai saat ini memang api masih menjalar, hal itu karena musim panas dan angin kencang yang berhembus.
“Saat mendapatkan laporan dari warga saya langsung menghubungi lurah, pihak berwajib dan BPBD. Saya sempat memarahi warga yang membakar lahan dan mengajaknya memadamkan api” terang Ketua RW 11 Kelurahan Pampangan 20, Addandi saat ditemui Pers Gelegar dirumahnya.
Pihak berwajib dibantu dengan Pemadam dan TNI serta pihak Lantamal II Padang telah datang kelokasi. Terjalnya bukit dan struktur hutan yang lebat menyulitkan proses pemadaman. Saat ini pemadam masih berkumpul di kantor Lantamal II.
Tersangka yang pembakar hutan bernama Jhon Iswandi ini juga terdaftar sebagai caleg DPRD Padang disalah satu partai politik ini masih belum ditangani oleh berwajib. Pelaku masih berada di TKP berusaha memadamkan api. Pelaku mengaku akan bertanggung jawab atas perbuatannya ini.

Artikel Terkait :

Luar Kampus 3156111513892309556

Posting Komentar Disqus Comments

item