flatnews

Merokok.........Buat Apa???????????

“Rokok”, nama yang umum terdengar. Siapa yang tidak tahu apa itu rokok pada zaman sekarang?        Bentuknya yang kecil memanjang, b...

“Rokok”, nama yang umum terdengar. Siapa yang tidak tahu apa itu rokok pada zaman sekarang?

       Bentuknya yang kecil memanjang, beraroma khas, berasap dan memiliki daya tarik tersendiri bagi para penikmat atau mungkin calon penikmatnya. Tingkat kepopuleran rokok sudah ada sejak kurang lebih 4000 tahun yang lalu. Eksistensinya tidak pernah berkurang walaupun anggapan negatif tentang rokok terus bermunculan, hingga para ahli kedokteran menemukan zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok beserta asap yang dihembuskan perokok itu sendiri. Seperti nikotin, fungisida dan pestisida, tar, cadmium, nickel, amonia dan sebagainya. Bahkan pada setiap bungkus rokok selalu tertulis akibat-akibat negatif itu,tapi tetap saja konsumen rokok masih banyak dan terus bertambah dari waktu kewaktu.

Keberadaan perokok aktif (perokok) menimbulkan ketidaknyamanan bagi perokok pasif (yang tidak merokok). Karena asap yang dihembuskan perokok aktif juga tak kalah berbahayanya dengan rokok itu sendiri apabila terhirup oleh perokok pasif.Oleh karena itu,biasanya ditempat-tempat tertentu disediakan ruangan khusus merokok. Seperti di kampus UPI YPTK Padang. "Smoking Room", itulah nama ruangan khusus merokoknya. Ruangan berbentuk segi empat yang tidak terlalu besar dengan dikelilingi kaca-kaca tembus pandang.Didalamnya kosong,tidak ada tempat duduk yang tersedia.Walaupun namanya smoking room,yang sering terlihat didalamnya bukan para perokok,melainkan mahasiswa-mahasiswi yang mungkin hanya sekedar untuk numpang duduk . Ruangan itu sering terlihat kosong.Padahal mahasiswa yang menjadi penikmat rokok di kampus UPI YPTK Padang tidak bisa dibilang sedikit. Disinilah permasalahan itu muncul,kenapa para perokok aktif itu bebas menebar asap rokoknya di lingkungan kampus bahkan ditempat yang sudah jelas-jelas terpampang bacaan, ”Kawasan Bebas Asap Rokok”, sementara smoking room telah disediakan?

“Saya jelas merasa sangat terganggu dengan keberadaan perokok-perokok yang bebas merokok dimana saja itu”ungkap salah satu mahasiswi UPI”YPTK”Padang ketika ditanyakan pendapatnya tentang smooking room ini.

Untuk selanjutnya,diharapkan keradaan smoking room ini bisa lebih diperjelas fungsi dan peranannya, karena terlalu mubazir keberadaannya jika perokok aktif masih bebas menebar asap pembunuhnya disembarang tempat yang diinginkannya. (ER)

Artikel Terkait :

Seputar Kampus 2467461643137385654

Posting Komentar Disqus Comments

item