flatnews

Roki : UKM Pers Gelegar itu Kawan, Bukan Musuh

Pers merupakan salah satu elemen penting yang dimiliki oleh suatu bangsa. Dalam hirarki kekuatannya, pers merupakan salah satu pilar untuk mewujudkan demokrasi di suatu negara. Jika kita runut dari sejarah lahirnya, pers ikut ambil bagian dalam perjuangan rakyat Indonesia dahulunya untuk melawan dominasi kolonial Belanda, Inggris dan Jepang.

Sejarah menjadi jawaban bahwa cita – cita mulia pers adalah untuk menyampaikan kabar tentang kebenaran. Kebenaran yang dibicarakan akan menentukan keterpihakan. Kebenaran yang disampaikanpun tidak boleh terjebak pada cara memandang positif dan negatif. Hal tersebut akan menumpulkan penganalisaan dan kerangka berfikir yang seharusnya ilmiah. Semua akan bermuara karena penganalisaan yang tajam dan ilmiah.

Begitupun dengan pers kampus, pers kampus punya peran yang sangat penting untuk mewujudkan demokrasi di kampus. Ia berfungsi sebagai wadah aspirasi mahasiswa dan media belajar. Pers kampus dalam menjalankan fungsinya harus menyampaikan sebuah kebenaran. Hal yang sama ketika kita berbicara tentang UKM Pers Gelegar.

“ Sejarah lahirnya UKM Pers Gelegar bermula dari kebutuhan mahasiswa akan informasi atas fakta pada saat gejolak antara koalisi dosen mahasiswa dengan yayasan tahun 1999 hingga 2001,” ujar Rocky, ketua UKM Pers Gelegar saat diwawancarai di basecamp. (08/10)

Dulunya embrio UKM Pers Gelegar bermula dari terbitan buletin oleh Forum Komunikasi Mahasiswa tahun 1999. Pada tahun 2001, tepatnya tanggal 4 Agustus 2001 UKM Pers didirikan. Salah satu pendirinya adalah Agustian Piliang.

Lahirnya UKM Pers Gelegar memiliki visi dan misi yang mulia. Dengan semangat untuk mewujudkan “Kampus yang Madani “, Gelegar terus berupaya untuk menyajikan informasi edukasi kepada civitas akademika UPI YPTK di tengah perjalanan pasang dan surutnya.

Lanjutnya, “ Barangkali ada yang tidak suka dengan pemberitaan kami. Namun jika itu sebuah kebenaran, maka pihak yang bersangkutanlah yang harus mengkritik diri sendiri. Itu jauh lebih baik. Terkadang, seorang kawan yang baik harus memberikan lecutan agar sahabatnya sadar. Semua bukan karena kebencian. ”

Rocky juga menambahkan, adapun suatu saat terjadi kekeliruan dalam membuat berita maka UKM Pers Gelegar telah menyediakan ruang klarifikasi. Selain itu, setiap wartawan yang meliputpun harus mendokumentasikan dalam bentuk gambar dan rekamana suara. Tujuannya agar pemberitaan semakin jujur dan akurat. (PG 4)

Artikel Terkait :

Seputar Kampus 6996101480533227391

Posting Komentar Disqus Comments

item