flatnews

Seminar Nasional dan Gelar Wicara dalam Jurnalism Week 2016

Gelegar (20/03) – Dalam rangka Jurnalism Week 2016 “Goreskan Untaian Rasa dengan Tinta Kata dalam Lembaran Karya”, yang digelar oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Broca FK Unand. 
Doc. Ahmad Fuadi Dalam Memberikan Materi Seminar

Hari ini dibuka dengan seminar nasional dan gelar wicara oleh pembicara Ahmad Fuadi, penulis yang sudah menjajah berbagai belahan dunia, sekaligus terkenal dengan salah satu novelnya “Negeri 5 Menara”. 

Acara seminar dan gelar wicara yang juga mengundang berbagai organisasi mahasiswa ini, bertemakan “Bertualang ke 5 Benua” yang berlangsung di aula Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sejak pagi tadi, pukul 08.00 wib.

Dalam kegiatan ini, seluruh peserta begitu antusias mendengarkan berbagai ilmu dan pengetahuan tentang menulis, yang disampaikan oleh pembicara kelahiran Maninjau, Sumatera Barat ini.

“Untuk memulai semuanya (menulis), harus diawali dengan meluruskan niat. Cari apa yang kita senangi. Menulis, juga perlu riset.” Tuturnya.

Pria jebolan pesantren ini, menganggap bahwa menulis merupakan usaha untuk mengenal diri, mengenal lingkungan luar, menumbuhkan semangat diri, tentang kehidup ini. 

Beliau juga berbagi pengalaman secara teknis dalam menulis, mulai dari membuat mind mapping, kerangka awal, menuangkan ide-ide yang terus diolah menjadi paragraf-paragraf.

“Mencoba mendisiplinkan diri. Jika, satu halaman perhari, kalau setahun 365 hari berarti 365 halaman, sudah sama seperti novel saya. Sedikit-sedikit lama-lama jadi buku”, ungkapnya sambil tertawa.

Acara ini berakhir pada pukul 11.30 wib. Sebelum acara ini berakhir, Ahmad Fuadi melakukan selfie yang dipimpin olehnya sendiri, bersama seluruh peserta.

Dan terakhir, penyerahan cendera mata dan piagam kepada Beliau, yang diserahkan langsung oleh Pimpinan LPM Broca FK Unand. 

(B. Hilman)

Artikel Terkait :

Luar Kampus 7650355642939308474

Posting Komentar Disqus Comments

item